Can You BEAT Your LIMIT?

Selasa, 27 Oktober 2015

10 SMA Menyederhanakan dan Merasionalkan Bentuk Akar

Soal pembahasan menyederhanakan bentuk akar dan merasionalkan bentuk akar, matematika SMA kelas 10.
Perhatikan contoh-contoh berikut:

Soal No. 1
Hitung dan sederhanakan bentuk akar berikut ini:
a) √2 + 3√2 + 5√2
b) 5√3 + 3√3 − √3
c) 8√3 + 6 √2 + 12√3 − 4√2
Pembahasan
a) √2 + 3√2 + 5√2
= (1 + 3 + 5)√2 = 9√2

b) 5√3 + 3√3 − √3
= (5 + 3 − 1)√3 = 7√3

c) 8√3 + 6 √2 + 12√3 − 4√2
= 8√3 + 12√3 + 6√2 − 4√2 = (8 + 12)√3 + (4 − 2)√2 = 20√3 + 2√2

Soal No. 2
Hitung dan sederhanakan:
a) √2 + √4 + √8 + √16
b) √3 + √9 + √27
c) 2√2 + 2√8 + 2√32

Pembahasan
a) √2 + √4 + √8 + √16
= √2 + √4 + √4 √ 2 + √16 = √2 + 2 + 2√2 + 4 = 2 + 4 + √2 + 2√2 = 6 + 3√2

b) √3 + √9 + √27
= √3 + √9 + √9 √3 = √3 + 3 + 3√3 = 3 + 4√3

c) 2√2 + 2√8 + 2√32
= 2√2 + 2√4 √2 + 2√16 √2 = 2√2 + 2 (2)√2 + 2(4)√2 = 2√2 + 4√2 + 8√2 = 14√2

Soal No. 3
Sederhanakan :
5√24 + 3√3(√18 + 2√32)

Pembahasan
5√24 + 3√3(√18 + 2√32)
= 5√4 √6 + 3√3 √18 + 3√3 . 2√32
=5.2 √6 + 3√3 √9√2 + 3√3 .2√16√2
= 10√6 + 3√3 .3√2 + 3√3 . 2 .4√2
= 10√6 + 9√6 + 24√6 = 43√6

Soal No. 4
Sederhanakan:
(1 + 3√2) − (4 − √50)

Pembahasan
(1 + 3√2) − (4 − √50)
= 1 + 3√2 − 4 + √50
= 1 + 3√2 − 4 + √25 √2
= 1 + 3√2 − 4 + 5√2
= − 3  + 8√2 atau = 8√2 − 3

Soal No. 5
Sederhanakan bentuk berikut:
a) 5/√3
b) 20/√5

Pembahasan
a) 5/√3
        5     √3      5
= _____ x ___ = ___ √3
      √3    √3      3

b) 20/√5

      20     √5      20
= _____ x ___ = _____ √5  = 4 √5
     √5     √5       5

Soal No. 6
Sederhanakan bentuk berikut:
a).
b).
Pembahasan
a).
a).

Catatan:
Untuk mempercepat perkalian, ingat kembali rumus:
(a + b)(a − b) = a2 − b2
sehingga
(√2 + √3)(√2 − √3) = (√2)2 − (√3)2 = 2 − 3 = − 1

Soal No. 7
Sederhanakan bentuk berikut:
 

Pembahasan

Soal No. 8
Sederhanakan bentuk akar berikut:

(Untuk soal b, tanda plusnya diganti minus saja ya!!!!)
Pembahasan
Arahkan soal ke bentuk berikut:

dengan nilai a > dari nilai b
Sehingga:


= 2√2 − √5
Soal No. 9
Berapa hasilnya?



Pembahasan
Dimisalkan dulu, kita namakan p saja



Kuadratkan ruas kiri, kuadratkan ruas kanan. Yang ruas kiri jadi p kuadrat, yang ruas kanan jadi hilang akar yang paling depan.



Diruas kanan terlihat bentuk 12 +...., dimana muncul lagi bentuk yang  persis dengan p yang kita misalkan tadi, jadi kasih nama p lagi juga. Terus susun yang bagus, jadi persamaan kuadrat, kemudian faktorkan seperti waktu kelas 2 atau 3 smp dulu.



Jadi, hasilnya adalah 4.
Soal No. 10
Berapa hasilnya?



Pembahasan
Seperti sebelumnya, misalkan sebagai p dulu



Kuadratkan ruas kiri-kanan, kiri jadi p kuadrat, kanan hilang akar paling luar, setelah itu ketemu persamaan kuadrat, faktorkan:



Jadi hasilnya:



p = 0 tidak dipakai (tidak memenuhi).

Soal-soal ini biasanya muncul di topik pembahasan "Persamaan Kuadrat", disini untuk tambahan (pengayaan) saja karena ada bentuk akarnya juga.




KEEP CALM AND ALWAYS FIGHT

 
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar